JENDEA HALAMAN

Saturday, December 8, 2012

DIMENSI STRATEGIS ADMINISTRASI PUBLIK



TUGAS MANDIRI
PENGANTAR ILMU ADMINITRASI NEGARA
DIMENSI LINGKUNGAN





Budi Setiawan
                         
                         



KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDRAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ADMINISTRASI NEGARA
PURWOKERTO




DIMENSI
LINGKUNGAN

Dinamika atau perubahan dimensi internal administrasi publik seperti kebijakan, menejemen, organisasi , moral dan etika dan kinerja dalm administrasi publik sangat di pengaruh oleh paktor lingkungan, dan sejarah adminitrasi publik di negara sedang berkembang, banyak oendapat untuk berhati – dati dalam penerapan sistem atau model – model adminstrasi publik dari dunia barat.
Administrasi publik bagi negara sedang berkembang ini adalah sebagai bentuk doktrin penting moderenisasi karna banyak sekali pengaruhnya dari bagi perkembangan negara yang masih sedang berkembang, apalagi model tersebut di ambil dari negara barat. Unsur pemaksan untuk menerapkan model administrasi publik dari negara barat ke nagara sedang berkembang sangatlah berpengaruh besar pada negara sedang berkembang, pemaksaan penerapan moderenisasi secara kaku ini telah menimbulkan kesan adanya “ westerniasi” dan membawa banyak implikasi negatif yang banyak di rasakan negara sedang berkembang.
Oleh ekarena itu begitu pentingnya pengaruh lingkungan tersebut, banyak perusahaan swasta dan intansi pemerintah mulai memberiakn perhatian yang sangat bagus untuk menerapak  disiplin “ menejemen srategis “ dan “ rencana strategis ”
A.         Batasan Dan Lingkungan
Lingkungan di artikan sebagai semua faktor yang berada di luar atau batasan organisasi yang mencakup:
1.      Lingkungan umum ( general environment )
Yang mempengaruhi secara tidak langsung atau kurang begitu di rasakan secara langsung seperti kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya dan hukum.
2.      Lingkungan khusus ( specific environment )
Yang memiliki pengaruh yang langsung terasa seperti pelanggan, pemasok, pesaing, pemerintah, srikat pekerja dan asosiasi pedagang.
Adapun ruang lingkup yang lain yakni ada 4
a.       Politik
b.      Ekonomi
c.       Sosial
d.      Teknologi
Menurut Katz dan Kahn (1978), lingkungan Organisasi  terdidri dari 5 aspek yang harus selalu di monitori dan di respon agar selalu efektif.
1.      Nilai masyarakat (societal values)
2.      Lingkungan politik/legal
3.      Lingkungan ekonomi/tenaga kerja
4.      Lingkungan informasi/teknologi
5.      Lingkungan fisik/geografis
B.         Pergeseran Paradigma
Dalam administrasi publik terdapat dua paradigma umum tentang hubungan organisasi dan lingkungan yaitu :
a.       Sistem Tertutup ( Closed system )
Artinya Interaksi yang terbatas dari suatu organisasi terhadap lingkunagnya dan hampir semua kegiatannya tidak tergantung pada dinamika lingkungannya. Dan perkembangan organisasi tidak tergantung pada lingkungnya 
b.      Sistem Terbuka ( Open system )
Artinya menggambarkan interaksi yang interaktif antara organisasi dengan lingkungan sehingga kegiatanyang di lakukan oleh Organisasi dan lingkungan itu sangatlah didikte/di contoh olehlingkungan.
Sistem Terbuka : selalu melihat eksistensi dan perkembangan suatu organisasi dalam kaitannya dengann sistemlingkuangan yang ada di sekitarnya.
Ciri sistem terbuka menurut Robbins ( 1990:15-19) memiliki input, output dan proses transformasi.
1.      Kesadaran lingkungan atau environment awareness yang menunjukan adanya interdependesi antar organisasi dengan lingkungannya.
2.      Feedback yaiutu bahwa organisasi secara berkesinambungan menerima informasi dari lingkungan dan melakukan koreksi dan juga penyesuaian diri.
3.      Karater yang bersifat siklus Artinya selalu terjadi siklus dari input      output       lingkungan        input.
4.      Entropi yang negatif artinya kecenderungan untuk memperbaiki dirinya, memelihara strukturnya dan mencegah kematiannya, dan behkan dapat bertumbuh karena memiliki kemampuan untuk mendapat energi kembali.
5.      Kondisi yang selalu bagus (steady state).
Dalam administrasi publik khususnya dalam birokrasi pemerintah interaksi dengan lingkungan khususnya lingkungan sosial dapat di jadikan contoh konkrit.
Beberapa ungkapan para ahli terhadap pembuatan keputusan :
a.      Graham Allison (1971) “ bahwa pembuatan kebijakan sering di pengaruhi oleh banyak pemain dari luar birokrasi dalam bentuk negoisasi dan tawar menawar ”
b.      Wilson (1989) “yang di lakukan oleh intansi pemerintah sebenarnya di tentukan dari luar yaitu dari struktur dan budaya politik, sehingga birokrat sering memiliki control yang terbatas terhadap apa yang mereka kerjakan.”
Pola yang hampir sama juga bagi negara kita indonesai antara negara indonesia dengan negara lain yang memberikan bantuan pinjaman, bekarjasama, bermitra dsb dan juga ikut serta dalam mewarnai sikap dan prilaku birokrasi.
C.         Karakter  Lingkungan
Ada  dua karakter yang di miliki lingkunga menurut (Katz kahn,1978; march & simon, 1958; thomson1967) yakni :
a.       Turbulence
Berkenaan dengan sifat lingkunagn yang mengalami perubahan yang kacau balau atau stabil.
b.      Munificience
Sifat lingkuan yang mengalami tingkat kelangkaan atau kelimpahan sumber daya yang penting.
Jika suatu organisasi hendak untuk bertahan atau berkembang dalam organisasi itu, sangat penting untuk  memperhatikan karakteristik Lingkungan, yaitu dengan mengamati stabil atau labilnya lingkungan itu, ini semua untuk dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan keadaan lingkungan. conto : menghemat sumber daya yang sudah langka, kompetisi, kerjasama, pengambilan ke putusan dsb.
Ada juga pembagian lain dari Gregory G.Dess dan Donal W.Beard (lihat robis 1990;218-219)
1.      Dimensi kemampuan (capacity)
Yang berkaitan dengan sumber daya yang dimiliki lingkungan, apakah masih melimpah atau sudah  mulai langka.
2.      Dinamika (volatillty)
Yang berkaitan dengan tingkat ke stabilan lingkungannya yang memungkinkan suatu organisasi memprediksi masadepan.
3.      Kompleksitas (compelexity)
Yang menggambarkan tingkat heterogenitas dan konsentrasi elemen – elemen lingkungan.
Lingkuangan juga ada dua macam ada yang simple dan kompleks, yang simple adalah homogen dan terkonsentrasi, sedangkan yang kompleks adalah yang heterogen dan terbatas.
D.         Mengenal Lingkungan
Ada cara atau teknik untuk mengenal lingkungan yaitu dengan cara Evironmental scanning merupakan teknik yang digunakan untuk membaca karakteristik lingkungan sekitat apakah lingkungan tersebut memberikan peluang (Opportunities)  dan ancaman (threats). Dengan memanfaatkan teknik ini kita aka lebih siap dalam menghadapi masalah lingkungan, dan dafat menesuaikan diri dari pengaruh eksternal itu.
Untuk penyesuain terhadap kondisi ini organi sasi harus mengevakuasi kelemahan dan kekurangan, Jika sudah di dafat tentang kekuatan dan kelemahan maka di integrasikan dengan peluang dan acanaman dengan bentuk matrik SWOT, fungsi dari pembentukan itu untuk mngetahui isu – isu jatuhnya organisasi dan bagaimana caranya agar bisa mengembangkan kembali.
Upaya ini sudah di lakukan oleh Organisasi swasta maupun di indonesia dengan membuat peraturan perundangan yang mewajibkan intansi pemerintah untuk memiliki rencana strategis intansi dan mengevaluasi kinerja organisasi berdasarkan rencana tersebut.
E.          Wujud adaptasi Terhadap Lingkungan
Suatu Organisasi dapat bertahan apa bila mampu menyesuaikan dengan lingkungan dalam berbagai bentuk perubahan, bentuk penyesuaian itu dapat berupa dalam bentuk perubahan yang strategis, struktur, dan budaya kerja.
Dalam literatur “ Hubungan  Antara Organisasi dengan Lingkungan” dekenal dengan dengan Strategi Kompetisi dan kooperasi.
Kompetisi             Dilakukan apabila lingkungan mengalami kelangkaan sumberdaya dan organisasi memperebutkan  sumber daya yang langka itu.
Kooperasi             Dilakuakn apabila kompetisi sudah mengarah ada ara yang tidak sehat, dan parakompetitor memutuskan untuk bekerjasama untuk membagi sumberdaya yang sudah langka itu.
Tulisan Stephen P.Robbns (1990; 230-232) mengunngkpakan bahwa dalam menghadapipengaruh lingkungan yang tak menentu (uncertain), dan iragnisasi mengatur struktur organisasinya dengan lebih komplek lagi untuk menciptakan unit – unit yang lebih khusus yang jumlahnya besar dan mengaplikasiskan lebihbanyak lagi spesialisasi.
Simpulan yang di sampaikan oleh Stephen P.Robbns (1990; 233)
1.      Efek lingkungan terhadap suatu organisasi itu merupaka suatu  fungsi dependensi.
2.      Suatu lingkungan yang dinamis memiliki pengaruh yang lebih besar terhdap perubahan suatu struktur dari pada lingkungan yang statis.
3.      Kompleksi organisasi dan ketidka tentuan lingkunagan berhubungan langsung, artinya semakin tidak tentu lingkungan semakin kompleks suatu organisasi.
4.      Formalisasi dan ketidaktentuan lingkungan berhubungan terbaik, Artinya : semakin tinggi ketidaktentuan lingkungan semakin rendah  tingkat formalisasi.
Dan masih banyak lagi Literatur – literaur yang menerangkan tenntang hubungan organisasi dengan lingkungan Di antaranya :
a.       Wechsler dan Backhoff ( lihat joyce, 1999) “strategic menegement”  dengan menujukna beberapa strategi yaitu : “protective”, depelovmental”, “political” dan transpormational”.
b.      (lihat peter & Certo, 1990) Dalam buku menejemen strategi “ bahwa organisasi dalam merespon perubahan lingkungan menggunakan strategi sesuai hirarki organisasi, misalnya tngkat corporate atau organisasi secara keseluruhan, tingkat divisi atau departemen dsb.
c.       Potret (1980) memberikan strategi yaitu “ Overall leadership”, “differentiation”dan “focus” masing – masing menuntut pada adanya keterampilan dan sumberdaya, dan persyaratan organisasi yang khusus.
d.      Usulan Ted Gaebler dan David Osborne (1993) tentang strategi Birokrasi, kompetisi dan governance dalam menghadapi perubahan lingkungan.
Pengaruh lingkungan juga berasal dari para stekholders (liat pendapat lan Mitrof, sebagai mana di kutif oleh peter dan certo, 1990) menurut Mitrof Organisasi merupakan suatu sistem sosial yang antara lain :
1.      Kumpulan stekholder internal dan eksternal.
2.      Memiliki ciri khas yang berbeda dengan stekholders yang lain.
3.      Yang memiliki network satu dengan yang lain.
4.      Perubahan strategi akan menggeser hubungan antara stekholders.
F.          Beberpa isu penting
Pemaksaan untuk menerapkan teori administrasi publik dan pemaksasn teori pembangunan denigara sedang berkembangdi diakui menimbulkan masalah di masa lalu, sementra penerapan strategi capaciti buliding dan good governance memunculkan kerag raguan akan berasil. Dan ini menjadi bahan pertanyaan karna bangsa indonesia memiliki karakteristik lingkungan yang khas tidak mudah menerima dan mempraktekan yang baru. Ada bebrapa isu penting yang menyangkut lingkungan :
            I.            Kekhasan Situasi dan kondisi di indonesia.
Situasi dan kondisi yang ada di indonesia selama ini di tandai oleh :
a.       Kondisi situasi politik dan budaya masyarakat sebagai akibat dari perjalanan sejarah yang khas.
b.      “inetria”(kelembaman) di dalam birokrasi. Indonesis cenderung menolak berbagai bentuk perubahan, walaupun menerima itu sebagai formiltas sajah atau kamuflase dan.
c.       Negara yang sangat luas wilayahnya, fisik yang begitu kompleks, dengan ribuan pulai dan etnis pasti menuntut pelayanan publik yang sangat kompleks.
Karakteristik sosial, politik, dan budaya bangsa indonesia yang di pengaruhi oleh perjalanan sejarah yang di mulai pada saat pemerintahan soeharto yang penuh dengan dominasi birokrasi. Banyak sekali hambatan yang di akibatkan. Seperti pola berpikir dalam berbirokrasi pemerintah yang seakan – akan sangat berkepntingan pribadi, kelompok, politik dan sebagianya masih byanyak sekali.
Pemerintah juga menghadapi hambata fisik geografis indonesia, termasuk memenusi varasi kebutuhan masyarakatitu sendiri. Disini beban pemerintah sangatlah berat karna harus menetukan intervensi dibidang consuption, investment, production, distributiont, seiring dengan masalh lain sepertibesara aokasi sumber daya yang bisa di manfaatkan privat dan pemerinath, banyak barang dan jasa yang dapat di produksi oleh pemerintah dan swasta.
Sementara itu hakekat dari barang dan jasa ( natue of goods) yang di berikan pada masyarakat begitu komplek. Ada yang tergolong dalam kriteria :
1.      “non-excludability” pasar tidak menyediakan.
2.      “Excludability” yang di sediakan pasar.
3.      jointness” bisa di nikmati bersama.
4.      “rivalry” yang di dasarkan kompetisi.
Dari ke empat kriteria tersebut di dapatlah 4 jenis barang dan jasa yaitu :
a.       Collective goods Seperti :Pertahanan Nasional, Penyiar Radio Atau Televisi, Jalan Raya, Mercusuar Dll.
b.      Common cool goods Seperti :Udara, Air Permukaan Dan Air Laut , Ikan Di Laut, Pemandangan Alam.
c.       Toll goods Seperti : Sekolah, Rumah Sakit, Kantor Pos, Listrik, Telepon, Air Bersih Perpipaan.
d.      Private goods Seperti : Makanan, Minuman, Pakaian, Kamera, Kendaraan
                        Mengatur, memenej barang ini semua bukanlah perkara yang sangat mudah karena harus di sesuakan dengan aspirasi dan keinginan masyarakat luas yang pada satu sisi menuntut alokasi berdasarkan kebijakan publik.
      II.            Penerapan Teori dan Strategi Administrasi Publik dari barat
           Di bidang adminstrasi publik muncul keraguan tentang validitas paradigma tradisional mulai nampak ketika para pakar dari negara maju mengusulkan untuk meninggalkan paradigma yang tradisional dan menganti dengan yang baru dan nama yang baru di antaranya :
v  Managerialism (pollitt,1990).
v  New publik mengement (Hood, 1991).
v  Market-based public adinistrasi  (Lan dan Rosenbloom, 1992)
v  Post bureaucratic paradigm ( barzelay, 1992).
Keraguan akan validitas ini di landasi atas dasar karna karakteristik administrasi publik terbilang kaku, hirarkis dan birokratis, hubungan antara politis dan pemerintah begitu sempit dll.
                        Model baru yang di usulkan menekankan peranan pemerintah dalam masyarakat, hubungan pemerintah dengan warga masyarakat itu sendiri, pmemerintah juga harus mengutamakan pemeberian pelayan kepada masyarakat, memeberdayakan masyarakat, menekan outcome, juga pemerintah di berperan sebagai agen birokrasiyang berorientsai pada dirinya sendiri seperti memusatkan perhatian pada kebutuhan dan cara pandang sendiri. Tapi pemerintah harus menjadi  custemer- drivenyang selalu memikirkan kebutuhan dan cara pikir oeanggan atau masyarakat, mendorong organisasi untuk bekerja sama sebagai tim DLL.
   III.            Penerapan Teori Dan Strategi Pembangunan di Luar Negeri
           Di bidang pembangunan terdapat masalah yang berkaitan dengan konsep dan teori pembangunan. Ada banyakdefinisi tentang pembangunan namun salah satu yang paling polpuler adalah : Suatu proses perubahan yang dirancang secara sistematis untuk mewujudkan suatu kondisi yang baik.
           Menurut ahli pembangunan Dennis Goulet mengingatkan bahwa pembangunan bisa membawa ke untungan dan bisa juga membawa kerugian keuntungan : pembangunan telah meringankan beban fisik, menciptakan spesialisasi kelembagaan, kebebasan dan keleluasaan memilih. Kerugian ; kaum miskin teta miskin bahkan semakin miskin, menimbulkan krisis lingkungan, pernag dan konflik, mengurahi hubungan yang harmonis dengan negara.
           Kemudian muncul ideu di lontarkan oleh David Korten tentang pembanguna yan “people-centered” diman upaya pembangunan hendaknya menyentuh aspek – aspek manusia, membuat manusia menjadi subjek dari pembangunan yang tangguh dan ber kualitas. Dengan kata lain kehidupan yang lebih baik adalah keidupan dimana manusia memiliku kemampuan yang tinggi untuk memutuskan nilai yang di butuhkan dan membuat prioritas, serta mampu mengorganisisr dirinya mewujudkan dan membuat prioritas tersebut.
   IV.            Penerapan Capacity Building : Strategi baru atau Masa Lalu?
           Merupakan serangkaian strategi yang di tunjukan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan responsivitas dalam rangka kinerja pemerintahan dengan memusatkan kepada dimensi pengembangan sumberdaya manusia, penguatan organisasi, dan reformasi kelembagaan.
Dalam kontek Pembangunan : kegiatan penyedianaan personel yang profesional dan teknis. Keg. Yg di lakukan : Treaning, sistem rekrutmenyang tepat, pemberian gaji.
Dalam kontek Penguat organisasi : di pusatkan kepada sistem menejemen untuk memperbaiki kinerja, tugas – tugas yang ada dan pengaturan struktur mikro Aktivitas yang di lakukan : pemanfaatan personil,kepemimpinan, komunikasi, struktur menejerial.
Reformasi Kelembagaan : perrlu di perintah untuk perubahan sistem dan institusi yang ada serta pengaruh struktur mikro. Aktivitas : perrubahan kebijakan dan aturan hukum, reformasi dalam kelembagaan yang dapat mendorong pasar dan berkembangnya masyarakat madani.
           Semua dimensi pengembangan di atas bertujuan kepada perwujudan nilai dari “good governance”, strategi ini juga  sebenarnya berkenaan dengan strategi penataan input dan proses dalam menca[ai output dan outcome, serta menata feedback untuk melakukan perbaikan pada tahap berikutnya.
      V.            Prinsip – prinsip Good Governance : potensi menjadi paradigma palsu
           Salah satu pembahasan “ Good governance” dapat di telususri dari tulisan J.S.Edralin(1997).”Govermen” suatu terminologi yang di gunakan untuk menggantikan istilah “goverment” yang menujukan penggunakan otoritas politik, ekonomi, dan administrasi dalam pengelolaan masalah kenegaraan. Istilan GOOD GOVERNANCE di promosikan oleh bebrapa agensi multilateral dan bilateral ( JICA,OECD,GTZ) tahun 1991, dengan memeberikan indikator 1). demikrasi, desntralisasi, peningktan kemampuan pemerintah 2). Hormat terhadap HAM dan kepatuah terhadap hukum yan gberlaku 3). Partisipasi rakyat4) efisiensi, akuntabilitas, transparansi dalam pemerintah, dan administrasi publik 5). Pengurangan angaran militer dan 6). Tat ekonimo yang berorientasi pasar.
Mensosialisasikan prinsip Good governance ini ke masyarakat secara langsung mengintegrasikan ajaran tentang prinsip tersebut kedalam pendidikan nasional, menggunakan prinsip ini sebagian dari penilaian seorang pemimpin atau pejabat, mendorong praktek prinsip tersebut ke dalam regulasi dan berbagai peraturan perundangan, dan nampaknya akan menjajikan hasilnya daripada menjadikannya program atau proyek yang mementingkan laporan pertanggung jwaban tepat waktu serta teriakt tahun angaran dan administrasi proyek.